Berikut paparan dari Contoh RPP IPS Kelas VII Kurikulum 2013 Tahun 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah:
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester:VII/ Ganjil
Materi Pelajaran :Manusia, Tempat dan Lingkungan
Sub Materi:1.Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
Alokasi Waktu:2 X pertemuan ( 4 x 40 JP )
KOMPETENSI INTI
KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI. 4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
KD. 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KD. 4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menjelaskan pengertian konsep ruang;
Menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
Menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya
Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk laporan lisan dan tertulis
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi kelompok
Baca Juga:
- Perangkat Pembelajaran Kelas VII dan VIII IPS Kurikulum 2013
- Silabus IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016
Setelah mempelajari materi ini di harapkan siswa amampu:
3.1.1 Mampu menjelaskan pengertian Konsep Ruang
3.1.2 Menjelaskan pengertian Interaksi antar Ruang
3.1.3. Menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
3.1.4. Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
3.1.5. Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
3.1.6. Menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
4.1.1 Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk laporan lisan dan tertulis
4.1.2 Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi kelompok
MATERI PEMBELAJARAN
Materi Reguler
Pengertian konsep ruang;
Pengertian interaksi antarruang;
Contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
Contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Materi Remedial
Penyampaian Materi regular dan Pemberian tes ulang dengan penyederhanaan.
Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik dipandu langsung oleh guru atau teman sebaya yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran.
Materi Pengayaan
Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian bagi peserta didik yang sudah tuntas
Pengayaan dilakukan dengan cara perserta didik diminta untuk menganalisis bentuk muka bumi yang berkaitan dengan aktivitas penduduk di lingkungan tempat tinggal perserta didik
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan:Saintifik
Model Pembelajaran:Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
Sumber Belajar:Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :
Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning
KEGIATAN PENDAHULUAN
Mengucapkan salam, berdo’a bersama, memperhatikan kebersihan kelas, kehadiran peserta didik, dan memotivasi untuk berusaha menumbuhkan suasana yang kondusif dan menyenangkan
Membagi peserta didik ke dalam kelompok dengan anggota maksimal 6 orang
Mengkaitkan materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan manfaatnya dalam kehidupan.
Menginformasikan materi yang akan diajarkan, dan tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik
KOMPETENSI DASAR
KD. 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KD. 4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menjelaskan pengertian konsep ruang;
Menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
Menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya
Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk laporan lisan dan tertulis
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi kelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini di harapkan siswa amampu:
3.1.1 Mampu menjelaskan pengertian Konsep Ruang
3.1.2 Menjelaskan pengertian Interaksi antar Ruang
3.1.3. Menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
3.1.4. Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
3.1.5. Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
3.1.6. Menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
4.1.1 Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk laporan lisan dan tertulis
4.1.2 Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi kelompok
MATERI PEMBELAJARAN
1.Materi Reguler
1)Pengertian konsep ruang;
2)Pengertian interaksi antarruang;
3)Contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
4)Contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
5)Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
6)Contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
Materi Remedial
1)Penyampaian Materi regular dan Pemberian tes ulang dengan penyederhanaan.
2)Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik dipandu langsung oleh guru atau teman sebaya yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran.
Materi Pengayaan
1)Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian bagi peserta didik yang sudah tuntas
2)Pengayaan dilakukan dengan cara perserta didik diminta untuk menganalisis bentuk muka bumi yang berkaitan dengan aktivitas penduduk di lingkungan tempat tinggal perserta didik
Itulah Sekilas yang dapat Admin tulisakan pada artikel ini mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS. Untuk lebih lengkap mengai RPP ini dan RPP lainnya untuk Kelas 7 (VII) K13 Revisi 2017 Bapak dan Ibu dapat mendownload file lengkapnya yang telah Admin kumpulkan dalam 1 file pada link dibawah ini.
Download RPP IPS SMP Kelas 7 Revisi Tahun 2017
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian RPP IPS SMP Kelas 7 Revisi Tahun 2017 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar