Silabus Sejarah SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posted by Tentang Pendidikan on 20170918

Download Silabus Sejarah SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2017 Kelas 10, 11, 12 / X, XI, XII - Dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang baik dan benar seorang Guru haruslah memiliki Program dan perangkat pembelajaran yang lengkap terutama RPP SILABUS PROTA PROMES KI KD serta Administrasi Guru. Nah melihat hal tersebut pada artikel ini Admin Gurukelas Akan membagikan secara lengkap Silabus sebagai Bahan untuk mengembangkan berbagai perangkat dan program Administrasi pembelajaran lainnya.

Silabus Sejarah SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
SILABUS SMA/MA/SMK/MAK Kelas X (10) Kurikulum 2013
Mata Pelajaran        :  Sejarah Indonesia (Wajib)
Kelas            :  X
Kompetensi Inti     : 

1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menunjukkan sikap  tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.2 Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3 Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah
4.1 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis    ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.3 Menganalisis asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis.
3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia.
3.6 Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.5 Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.6 Mengolah informasi mengenai   proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang  proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
3.8 Mengidentifikasi  karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.7 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
4.8 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan  Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini

Materi  Pokok
Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah
Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah
Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
Konsep ruang dan waktu

Indonesia Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia. 
Kehidupan masyarakat Indonesia
Asal-usul nenek Moyang bangsa Indonesia
Kebudayaan zaman praaksara

Indonesia Zaman  Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global  Tahap Awal
Teori -teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha
Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini

Zaman Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam
Kerajaan-kerajaan Islam
Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Islam yang masih ada pada saat ini

Pembelajaran
Mengamati:                            
membaca buku teks tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu  dan ruang dalam sejarah

Menanya:
berdiskusi untuk mendapatkan pendalaman pengertian tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu dan ruang dalam  sejarah

Mengeksplorasikan:
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai cara berfikir kronologis, sinkronik, konsep ruang dan waktu  dari sumber tertulis, sumber lainnya  dan atau internet.

Mengasosiasikan:                            
menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau internet untuk mendapatkan  kesimpulan tentang keterkaitan antara  cara  berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu  dalam sejarah.

Mengomunikasikan:                 
hasil analisis kemudian di laporkan dalam bentuk tulisan tentang keterkaitan antara cara berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu dalam  sejarah.

Mengamati:                                
membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang aktifitas kehidupan masyarakat zaman praaksara, peta persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan  peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.

Menanya:                                         
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat zaman praaksara, persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.


Mengeksplorasikan:               
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai masyarakat Indonesia zaman praaksara melalui bacaan,  pengamatan terhadap sumber-sumber  praaksara  yang ada di  museum  atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat

Mengasosiasi:                           
menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  lain yang terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang Indonesia pada zaman praaksara.

Mengkomunikasikan:
hasil analisis kemudian disampaikan dalam bentuk laporan tertulis tentang Indonesia pada zaman praaksara.
Mengamati:      
membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

Menanya:  
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia  pada zaman Hindu-Buddha.

Mengeksplorasikan:
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber  sejarah yang ada di  museum dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat

Mengasosiasi: 
menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

Mengkomunikasikan:
hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

Mengamati:       
membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Menanya:                
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Mengeksplorasikan:
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan  dan materi tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di  museum  dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat.

Mengasosiasi:  
menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Mengkomunikasikan:
hasil analisis yang telah dilakukan kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Penilaian
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio::        menilai laporan peserta didik tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah
Tes tertulis:      menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan cara berfikir kronologis, sinkronik serta keterkaitannya dengan konsep ruang waktu dalam sejarah
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan.
Portofolio:       menilai portofolio peserta didik tentang zaman praaksara di Indonesia.
Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami dan menganalisis konsep tentang Indonesia pada zaman praaksara
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam mengumpulkan,  menganalisis data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai portofolio peserta didik tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha
Tes tertulis/lisan:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan lapora.
Portofolio:      menilai portofolio peserta didik tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Alokasi  Waktu
3 mg  x  2 jp
8 mg x  2 jp
12 mg x  2 jp
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
Buku-buku  lainya
Internet  ( jika tersedia)
Gambar hasil-hasil peninggalan zaman Hindu-Buddha
Peta  letak kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Indonesia
12 mg x 2 jp
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
Buku-buku lainya
Internet  ( jika tersedia)
Gambar hasil-hasil peninggalan zaman  Islam
Peta  letak kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Untuk lebih lengkap dan jelas mengenai Silabus Sejarah SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload file lengkapnya pada link yang telah Admin sediakan dibawah ini.
Download Silabus Sejarah Indonesia Kelas X
Download Silabus Sejarah Indonesia Kelas XI 
Download Silabus Sejarah Indonesia Kelas XII

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian Silabus Sejarah SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 18, 2017

0 komentar:

Posting Komentar