LK Lembar Kerja PKB Kelas Bawah SD
Berikut sekilas gambaran dari salah satu LK kelas bawah pada kegiatan PKB Kelompok Kompetensi (KK) A Pedagogik Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik.PetunjukKegiatan
1. Bekerjalah dalam kelompok dan lakukanlah curah pendapat mengenai masalah pembelajaran yang melibatkan/ salah satu penyebabnya terkait aspek perkembangan peserta didik.
2. Pilihlah satu kasus melalui musyawarah, diskusikan dalam kelompok secara bersungguh-sungguh, usulkan alternatif solusi yang tepat dan kreatif, serta presentasikan hasil kegiatan secara percaya diri dan kreatif.
Latihan/Kasus/Tugas
1. Memahami tahapan dan tugas perkembangan pesertadidik merupakan suatu hal sangat penting bagi seorang pendidik. Jelaskan apa manfaat bagi guru memahami tahapan dan tugas perkembangan peserta didik?
2. Memahamikarakteristikkemampuandanperilakupesertadidikmerupakanhalyang sangatpentingbagiseorang guru, jelaskanimplikasinyaterhadappembelajaran?
3. Pelajarikasusperkembanganpesertadidikberikutini, identifikasiindikator
masalahnya (fenomena/gejala yang terlihat), apamasalahnya, danusulkanalternatifsolusiuntukitu. Bekerjalahdalamkelompokdanpresentasikanhasilnya.
Bu Fatimah guru di kelas 1 SDN 1 Kota Tasikmalayasedangberupayauntukmengakomodasiperbedaanperkembanganpesertadidikasuhannya. Beberapadiantaranyamasihbelumbisamembacadanmenulis. Dari informasi yang dikumpulkandanhasilpengamatan, merekatumbuhdengandukunganorangtua yang terbataskarenasibukbekerjadanbelummemahamiartipendidikanbagi masa depananak-anak, sertamerekadatangdarikeluargaekonomilemahsehinggatidakmungkinmendatangkan guru les.
4. Tentukanlahkasusperkembanganpesertadidik di kelasAnda, identifikasi
indikatormasalahdanmasalahnya, sertausulkanalternatifsolusinya.
Jawaban:
1. Pemahamanterhadaptahapanperkembanganmemberikaninformasi yang bergunadalammerencanakanpembelajaran yang sesuaidengantahapanperkembanganpesertadidik. Pemahamanterhadaptugasperkembanganakanmembantu guru dalammembimbingpesertadidikuntukmenguasaiketerampilandanpolaperilaku yang sesuaidengantugasperkembangannya.
2. Interaksipendidikanberfungsiuntukmengembangkanseluruhpotensi, kecakapan, dankarakteristikpesertadidikdiantaranyayaitukarakteristikfisikmotorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual. Pemahaman yang memadaiterhadappotensi, kecakapan, dankarakteristikpesertadidikakanberkontribusidalambentukperlakuan, tindakan-tindakan yang bijaksana, tepatsesuaikondisi, dansituasi. Pendidikakanmenyiapkandanmenyampaikanpelajaran (media, bahan ajar, metodepembelajaran), memberikantugas, latihandanbimbingandisesuaikandengankemampuandankarakteristikpesertadidik.
3. Berikutadalahbeberapahal yang dapatdilakukan Bu Fatimah
a. Saatperencanaan:
1) mendalamikonsepdancaramengembangkanaspek yang sedangdikembangkanataudibahas, misalnyakecakapanmajemuk;
2) konsultasikepadabeberapapihakseperti guru BK di SMP/SMA terdekat,
3) menyampaikanrencanadan program kepadakepalasekolah, sejawat, danorangtuapesertadidikasuhannyauntukmendapatkandukungan;
4) mengumpulkaninformasi yang relevansepertihasilpsikotes, prestasi, rapor, daninformasiterkaitdenganperilakulainnya;
5) mengumpulkaninformasidariorangtuatentanghal yang terkaitdenganaspek yang sedangdikembangkan, misalnyakegiatandankebiasaanpesertadidik di rumah, bagaimanamerekatumbuhberkembang, sertabagaimanapemahamandanupayaorangtuauntukmenumbuhkembangkanaspekkarakteristik yang sedangdibahas.
b. Saatpembelajaran, pesertadidik yang memilikikendala:
1) diberiperhatianlebih, pendampingan guru lebihintensif;
2) memintateman yang lebihpandaidanpeduliuntukmembantu, ingatkanuntukmembantunyadengancara yang santun, guru perlumembericontohuntukitu;
3) memberibintangbagi yang dapatmenyelesaikantugas;
4) selalumendoronguntukbelajarlebihgiatdanlebihbaik;
5) memperlihatkanmanfaatterampilmembacadanmenulis, diantaranyadenganmendongengcerita yang menarik (guru bisamemintasiswa yang sudahpandaimembacauntukmelakukannya), menulispesandalamkartupos (lebihbaikjikabuatansendiripadamatapelajaranprakarya) untuk orang-orang yang disayangimisalnyanenek, 5) selalumengingatkanuntukmencobaterusdanjangantakut salah karenaitubagiandaribelajar.
c. Di luarpembelajaran guru dapat:
1) memberilatihanmembaca;
2) memberi PR latihanmembacadanmengeceknya di sekolah, mintalahseseorang di lingkunganrumahuntukmendampingisaatlatihanberlangsung;
3) memberi PR menulisdengantemadanmemberikantemadenganuraian yang lebihpanjang agar merekalebihbanyakberlatih;
4) PR menulissuratpendekdanmengirimkannyakepada orang-orang tersayang;
5) membuatpohon/album keluargadenganfotonyadanmenuliskannamadanpesan/apa yang ingindisampaikankepadamereka di dekatfotomasingmasing.
d. Bekerjasamadenganorangtua:
1) agar memintaseseorang di lingkunganrumah (keluargaatautetangga) untukmendampingisaatpesertadidikberlatihataumengerjakan PR;Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan untuk LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja), dan lebih lengkap mengenai hal tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap untuk setiap KK sesuai dengan yang saat ini Anda kerjakan dan butuhkan pada link di bawah ini.
2)melaporkanperkembanganketerampilanpesertadidikkepadaorangtuadanmemintauntukterusmendukungpesertadidik agar tetapgiatbelajar.
5. Hasilidentifikasidanalternatifsolusitergantungdarikasus yang diangkatolehmasing
Kasus: anakseringtidakmengerjakan PR
Identifikasi: karenaorangtuatidakmautahukeadaansianak.
Solusi: guru memanggilorangtuadiberipengarahansupayamemperhatikananaknyadi dalambelajarnya, anakdiaktifkandalambelajarkelompok.
Lembar Kerja IN KK-A PROFESIONAL
Lembar Kerja IN KK-F PEDAGOGIK
Lembar Kerja ON KK-A PEDAGOGIK
Lembar Kerja ON KK-F PROFESIONAL
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar