RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu perangkat/program pembelajaran yang harus di buat dan di miliki oleh seorang Guru yang akn melaksanakan kegiatan pembelajaran (Mengajar) dengan baik dan benar. Denga di buatnya RPP kegiatan pembelajaran akan terarah dan tersusun sesuai dengan ketentuan dalam pelaksanaan pembelajaran yang telah Bapak dan Ibu tuliskan pada RPP.
Admin pada kesempatan tulisan artikel ini akan membagikan Contoh RPP Kelas II K13 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 sebagai sebuah referensi bagi Anda yang pada saat ini sedang membutuhkan Kumpulan RPP untuk berbagai kegiatan.
RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut Admin paparkan sekilas RPP Kelas 2 Kurtilas Tema Hidup Rukun, SubTema Hidup Rukun di Rumah Semester 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa Indonesia
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
- Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
- Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
- Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
- Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
- Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
- Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
- Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
- Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
- Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
- Pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
- Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
- Menentukan karakter setiap individu di rumah.
- Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
- Teks permintaan maaf.
- Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
- Membilang sampai 500.
- Melengkapi deret bilangan berpola +1.
- Menulis teks buku harian.
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
- Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
- Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
- Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
- Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
- Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
- Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
- Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
- Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
- Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
- Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
- Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
- Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
- Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
- Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
- Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
- Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
- Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
- Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
- Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
- Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
- Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
- Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
- Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
- Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
- Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
- Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
- Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
- Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
- Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
- Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
- Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
- Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
- Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
- Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
- Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
- Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
- Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
- Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
- Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
- Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 1
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 1- Tema Hidup Rukun[Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 1- Tema Bermain di Lingkunganku [Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 1- Tema Tugas Sehari-Hari [Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 1- Tema Aku dan Sekolahku [Download File]
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 2
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 2- Tema Hidup Sehat dan Bersih [Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 2- Tema Bumi dan Matahari [Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 2- Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan [Download File]
- Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 2 Semester 2- Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan [Download File]
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar