Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester II

Posted by Tentang Pendidikan on 20180115

Dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran silabus memiliki peranan yang sangat penting untuk melancarkan tujuan dari di laksankan kegiatan pembelajaran. Seorang Guru harus melaksankan pembelajaran sesuai dengan program yang di miliki dalam hal ini Kurikulum 2013. Nah membantu Bapak dan Ibu Admin akan membagikan link download untuk kelas 2 yang merupakan update K13 Revisi tahun 2017 yang tentunya wajib di miliki untuk Semester 2/genap. Berikut Admin sajikan link downloadnya secara lengkap untuk Tema 5, 6, 7, 8 Pengalamanku, Merawat Hewan dan Tumbuhan, Kebersamaan,Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan.
Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester II
Berikut akan Admin gambarkan sekilas contoh dari salah satu Silabus SD kelas 5 Semester 2 K13 Tema 5 Revisi dari tahun 2017:
Satuan Pendidikan        :
Kelas/Semester            : 2 /2
Tema  5        : Pengalamanku
Sub Tema        1        : Pengalamanku di Rumah
Kompetensi Inti            :
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3.    Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4.    Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya

Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati puisi anak dalambahasa Indonesia atau bahasadaerah melalui teks tulis danlisan.
4.5 Membacakan teks puisi anaktentang alam dan lingkungandalam bahasa Indonesiadengan lafal, intonasi, danekspresi yang tepat sebagaibentuk ungkapan diri.
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan  masyarakatIndonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapansantun(menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukundalam kemajemukan.
PPKn
1.1 Menerima hubungan gambarbintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padikapas dan sila-sila Pancasilasebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin,dan peduli sesuai dengan silasilaPancasila dalam lambangnegara “Garuda  pancasiladalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”
4.1 Menjelaskan hubungangambar pada lambang Negaradengan sila-sila Pancasila
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuranpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif duadan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif duadan tiga dimensi.
3.2 Memahami pola irama.
4.2 Menampilkan pola iramasederhana melalui lagu anakanak
Baca Juga  Silabus SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 K13 update Tahun 2017
Materi Pokok
     Puisi anak
     Tanda baca

     Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
     Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam  kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
     Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

     Panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku

     Jarak antara dua tempat, dengan satuan baku
     Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi
     Gerak keseharian dan alam dalam  tari

Pembelajaran
     Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
     Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
     Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.
     Menuliskan kembali isi cerita yang sudah dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang menunjukkan nilai tempat bilangan serta menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri.
     Menyimak teks tentang hidup rukun yang dibacakan guru lalu   menyebutkan ungkapan yang ada di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab
     Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.
   
     Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur
     Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat.

Penilaian
. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Alokasi Waktu
(26 jam pelajaran
(26 jam pelajaran
(26 jam pelajaran
(26 jam pelajaran)

Sumber Belajar
Buku guru
Buku Siswa   

Download Silabus Tema 5, 6, 7, 8 Kelas 2 Kurikulum 2013

Selengkapnya dari Perangkat Pembelajaran Silabus dapat Bapak dan Ibu unduh pada link di bawah ini:
 
Semoga file Silabus Kelas II Semester 2 yang tersaji dapat memberikan manfaat yang besar bagi Anda Guru Kelas dalam kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan. Referensi Artikel ini dari www.kerjaguru.com

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester II yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 15, 2018

0 komentar:

Posting Komentar