RPP yang Admin bagikan ini dibuat sesua dengan PERMENDIBUD Nomor 22 Tahun 2016 atau dapat di katakan RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017. Tentang Pendidikan membagikan Perangkat Pembelajaran ini untuk membantu bagi Anda Bapak dan Ibu Guru Kelas 1 yang pada kesempatan ini mungkin sedang mencari contoh yang baik dan benar dalam RPP Tema 7 Sub Tema 2 Pembelajaran 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Admin pada artikel ini akan membagikan gambaran sekilas mengenai RPP tersebut dan secara lengkap file tersebut dapat Anda download dalam bentuk docx (Ms.Word). Seperti yang kita ketahui tujua dari pembuatan RPP yaitu agar kegiatan pembelajaran di kelas 1 dapat di susun dengan benar secara sistematis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapat.
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari .
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari sebuah lagu.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat .
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dengan benar.
3. siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah.
4. Siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam.
5. Siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
Admin pada artikel ini akan membagikan gambaran sekilas mengenai RPP tersebut dan secara lengkap file tersebut dapat Anda download dalam bentuk docx (Ms.Word). Seperti yang kita ketahui tujua dari pembuatan RPP yaitu agar kegiatan pembelajaran di kelas 1 dapat di susun dengan benar secara sistematis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapat.
Inilah RPP Kelas 1 Tema 7 Subtema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut Admin gambaran RPP K13 Kelas I Tema 7 Sub tema 2 Pembelajaran 1 revisi tahun 2017:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema : 2. Hewan di Sekitarku
Muatan Terpadu : B. Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema : 2. Hewan di Sekitarku
Muatan Terpadu : B. Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari .
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari sebuah lagu.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat .
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dengan benar.
3. siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah.
4. Siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam.
5. Siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
- Inti
- Penutup
Deskripsi Kegiatan
1. Guru memberikan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa yang tergambar pada sampul buku.
- Apa judul buku
- Kira-kira ini menceritakan tentang apa
- Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6. Guru melakukan kegiatan ice breaking untuk menghidupkan suasana kelas.
7. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
8. Guru melakukan apersepsi,
a. Berdiskusi tentang berbagai hewan yang ada di sekitar.
b. Mengingatkan kembali ciri-ciri benda hidup dan benda tak hidup.
Ayo Mengamati
1. Siswa membaca teks tentang Hewan Peliharaan Beni.
2. Siswa membaca dengan cara bergantian.
3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang informasi cara merawat hewan yang ada pada teks.
4. Siswa berbagi pengalaman tentang cara merawat hewan peliharaan.
5. Siswa mengamati gambar pemberitahuan yang ada pada gambar.
6. Ungkapan pemberitahuan yang ditulis Beni adalah tidak memberi makan hewan sembarangan. Berdasarkan tulisan tersebut, Beni tidak ingin orang lain memberi makanan sembarangan, baik jenis atau waktunya.
7. Siswa berlatih menulis ungkapan pemberitahuan sesuai gambar.
Ayo Berlatih
a. Siswa berlatih menuliskan aturan merawat hewan yang diketahui.
b. Siswa mengamati gambar, lalu menuliskan aturan merawat hewan berdasarkan gambar yang diamatinya.
1. Guru memberikan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa yang tergambar pada sampul buku.
- Apa judul buku
- Kira-kira ini menceritakan tentang apa
- Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6. Guru melakukan kegiatan ice breaking untuk menghidupkan suasana kelas.
7. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
8. Guru melakukan apersepsi,
a. Berdiskusi tentang berbagai hewan yang ada di sekitar.
b. Mengingatkan kembali ciri-ciri benda hidup dan benda tak hidup.
Ayo Mengamati
1. Siswa membaca teks tentang Hewan Peliharaan Beni.
2. Siswa membaca dengan cara bergantian.
3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang informasi cara merawat hewan yang ada pada teks.
4. Siswa berbagi pengalaman tentang cara merawat hewan peliharaan.
5. Siswa mengamati gambar pemberitahuan yang ada pada gambar.
6. Ungkapan pemberitahuan yang ditulis Beni adalah tidak memberi makan hewan sembarangan. Berdasarkan tulisan tersebut, Beni tidak ingin orang lain memberi makanan sembarangan, baik jenis atau waktunya.
7. Siswa berlatih menulis ungkapan pemberitahuan sesuai gambar.
Ayo Berlatih
a. Siswa berlatih menuliskan aturan merawat hewan yang diketahui.
b. Siswa mengamati gambar, lalu menuliskan aturan merawat hewan berdasarkan gambar yang diamatinya.
Baca juga : RPP Kelas 1 Tema 7 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Ayo Bercerita
1. Siswa berlatih menceritakan cara merawat hewan.
Ayo Menari
1. Siswa berdiskusi tentang cara gerak hewan.
2. Kegiatan bisa dimodifikasi dengan bermain tebak hewan berdasarkan gerak yang ditunjukkan.
3. Siswa mengamati gambar dan petunjuk tentang cara gerak kelinci.
4. Siswa berlatih menirukan gerak kelinci dalam sebuah tarian.
5. Tahapan gerakan sebagai berikut
Gerakan pertama
- Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada.
- Kaki sedikit ditekuk.
Gerakan kedua
- Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat.
- 2. Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit ditekuk.
- Lompat ke kanan satu langkah.
- Lalu lompat ke kiri satu langkah.
Gerakan ketiga
- Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit ditekuk.
- Kepala menengok ke kiri satu kali. Kepala menengok ke kanan satu kali.
Gerakan keempat
- Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit
- ditekuk.
- Lalu badan di goyang ke kiri dan ke kanan.
6. Lakukan gerakan sesuai urutan berikut.
Lompat kanan
Lompat kiri
Lompat kanan
Goyang kepala
Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut;
Lompat kanan
Lompat kiri
Lompat kanan
Goyang badan
7. Gunakan aba-aba berikut ini:
Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang
Refleksi
1. Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
- Apa yang kamu pelajari hari ini?
- Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca, menuliskan aturan, dan menari?
- Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
- Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
- Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
- Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
1. Siswa berlatih menceritakan cara merawat hewan.
Ayo Menari
1. Siswa berdiskusi tentang cara gerak hewan.
2. Kegiatan bisa dimodifikasi dengan bermain tebak hewan berdasarkan gerak yang ditunjukkan.
3. Siswa mengamati gambar dan petunjuk tentang cara gerak kelinci.
4. Siswa berlatih menirukan gerak kelinci dalam sebuah tarian.
5. Tahapan gerakan sebagai berikut
Gerakan pertama
- Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada.
- Kaki sedikit ditekuk.
Gerakan kedua
- Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat.
- 2. Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit ditekuk.
- Lompat ke kanan satu langkah.
- Lalu lompat ke kiri satu langkah.
Gerakan ketiga
- Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit ditekuk.
- Kepala menengok ke kiri satu kali. Kepala menengok ke kanan satu kali.
Gerakan keempat
- Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci.
- Kedua tangan diletakkan di depan dada. Kaki sedikit
- ditekuk.
- Lalu badan di goyang ke kiri dan ke kanan.
6. Lakukan gerakan sesuai urutan berikut.
Lompat kanan
Lompat kiri
Lompat kanan
Goyang kepala
Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut;
Lompat kanan
Lompat kiri
Lompat kanan
Goyang badan
7. Gunakan aba-aba berikut ini:
Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang
Refleksi
1. Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
- Apa yang kamu pelajari hari ini?
- Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca, menuliskan aturan, dan menari?
- Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
- Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
- Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
- Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2. Gambar dari Google.com
3. Video dari youtobe.com.
4. Buku siswa
5. Contoh hewan peliharaan, bisa ikan dalam akuarium atau burung dalam sangkar.
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2. Gambar dari Google.com
3. Video dari youtobe.com.
4. Buku siswa
5. Contoh hewan peliharaan, bisa ikan dalam akuarium atau burung dalam sangkar.
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Itulah gambaran sekilas dari RPP Kelas 1 Tema 7, selengkapnya mengenai RPP tersebut untuk Subtema 2 Pembelajaran 1-6 dapat Anda unduh pada link dibawah ini:
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian RPP Kelas 1 Tema 7 Subtema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar