Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK)

Posted by Tentang Pendidikan on 20170929

Pengertian Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK) - AKPK adalah instrumen berbentuk angket yang digunakan untuk memetakan keprofesian calon kepala sekolah/madrasah. AKPK bersifat individual dan merupakan alat refleksi bagi calon kepala sekolah/madrasah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimilikinya berkenaan dengan kompetensi calon kepala sekolah/madrasah.
Dijelaskan bahwa seorang guru yang telah dinyatakan lulus seleksi calon kepala sekolah diharuskan mengikuti pendidikan dan pelatihan sebagai kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
Kenyataan di lapangan masih  terdapat banyak kelemahan yang dialami penulis        berkenaan dengan tugas dan fungsi kepala sekolah, karena pengalaman sebagai guru ternyata jauh berbeda ketika harus menghadapi tugas sebagai seorang kepala sekolah. Terdapat kompetensi tambahan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah yaitu kompetensi manajerial, kompetensi supervise dan kompetensi kewirausahaan.
Kemampuan kepala sekolah dalam mengarahkan, memberdayakan, menggerakkan, dan mengembangkan sumber daya sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat bergantung kepada kompetensi manajerial seorang kepala sekolah.


Masalah kewirausahaan merupakan hal baru bagi seorang kepala sekolah ,khususnya bagaimana mengembangkan di dalam dunia persekolahan. Bagaimana pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang mandiri yang memiliki jiwa dan kompetensi kewirausahaan, sehingga setelah lulus tiadk tergantung kepada orang lain dan tidak menjadi beban masyarakat.
Kepala Sekolah adalah pemegang kunci yang menentukan keberhasilan pencapaian program di sekolah. Dalam kontek otonomi pendidikan yang menerapkan  Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), sekolah dituntut untuk dapat menggali dana dari berbagai sumber yang dapat diakses sekolah dan selanjutnya digunakan untuk pembiayaan program di sekolah. Pada kenyataannya sekolah masih mengandalkan  masih mengandalkan dana yang bersumber dari pemerintah. Dana bantuan diterima dari pemerintah terbatas, sedangkan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah banyak, maka kepala sekolah harus mampu mencari peluang untuk mendayagunakan berbagai potensi masyarakat dan lingkungan sekitar  untuk membiayai kekurangan dana tersebut.


Masih sedikit kepala sekolah yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk menemukan berbagai peluang dalam setiap pengembangan sekolahnya menuju sekolah yang efektif, efisien, produktif dan mandiri. Karena untuk menghasilkan kondisi yang tersebut diperlukan keberanian untuk mengambil resiko yang telah diperhitungkan. Kemampuan mengambil keputusan inilah yang merupakan ciri khas dari wirausahawan.  

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK) yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 29, 2017

0 komentar:

Posting Komentar