Download RPP Fiqih Kelas 10,11,12 MA Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Madrasah aliyah - Dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang baik setiap Guru di tuntun untuk mengerjakan berbagai Perangkat/Program Pembelajaran dan Administrasi Guru yang sesuai dengan kurikulum yang di gunakan. Salah satunya yang harus di buat agar kegiatan mengajar dapat berjalan sesuai dengan program yang itu RPP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
RPP Fiqih Madrasah Aliyah Kelas 10,11,12
Contoh RPP Fiqih Kelas X semester 1 Konsep Fikih dan Ibadah Dalam IslamSatuan Pendidikan :MA “YATAMU” Pasawahan
Kelas/Semester :X / 1
Mata Pelajaran :Fiqih
Topik :Konsep Fikih dan Ibadah Dalam Islam
Waktu :4x45 menit (2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti ( KI )
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli( gotongroyong, toleran, kerasama, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini kesempurnaan agama Islam melalui kompleksitas aturan fikih
2.1 Menunjukkan prilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memahami konsep fikih Islam
4.1 Mempresentasikan konsep fikih Islam.
C. Indikator Pembelajaran
1.1.1 Peserta didik diminta meyakini kesempurnaan Islam melalui kompleksitas aturan fikih
2.1.1 Membiasakan diri untuk ikhlas dan taat beribadah dalamkehidupan sehari-hari
2.1,2 Berbuat baik kepada orang tua diniati ibadah
2.1.3 Menghargai perbedaan tata cara melakukan ibadah sehingga keharmonisan tetap terjaga,
2.1.4 Menghindari sikap,perbuatan maupun ucapan yang termasuk kategori tercela,
2.1.5 Membiasakan tertib dan disiplin dalam melaksanakan ibadah sehingga akan berdampak pada tindakan sehari-hari,
3.1.1 Menjelaskan konsep fikih dalam Islam
3.1.2 Menjelaskan ruang lingkup fikih
3.1.3 Menjelaskan perbedaan fikih dan syariat
3.1.4 menyebutkan tujuan syariah (maqasid al-syariah),
3.1.5 Menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya
3.1.6 Menjelaskan prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
3.1.7 Menjelaskan Tujuan ibadah dalam Islam
4.1.1 Mempresentasikan konsep fikih Islam
4.1.2 Mempresentasikan keterkaitan ibadah dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa dapat membedakan fikih,syariah dan ibadah dengan benar,
2. Melalui tanya jawab siswa menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar,
3. Melalui pendalaman materi siswa dapat mencontohkan fikih dengan benar,
4. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya dengan baik,
5. Melalui simulasi siswa dapat mempraktikkan ibadah secara baik dan benar
E. Materi Pembelajaran
1. Materi Fakta
2. Materi inti
1). Konsep Fikih dalam Islam
Fikih adalah ilmu tetang hukum syarak yang bersifat praktis yang diperoleh melalui dalil yang terperinci. Ulama fikih sendiri mendefinisikan fikih sebagai sekumpulan hukum amaliyah (yang akan dikerjakan) yang disyari’atkan dalam Islam. Dalam hal ini kalangan fuqaha membaginya menjadi dua pengertian, yakni: pertama, memelihara hukum furuk (hukum keagamaan yang tidak pokok) secara mutlak (seluruhnya) atau sebagiannya. Kedua, materi hukum itu sendiri, baik yang bersifat qath’i maupun yang bersifat dhanni.
2). Ruang Lingkup Fikih
Ruang lingkup yang terdapat pada ilmu Fikih adalah semua hukum yang berbentuk amaliyah untuk diamalkan oleh setiap mukallaf (Mukallaf artinya orang yang sudah dibebani atau diberi tanggungjawab melaksanakan ajaran syariat Islam dengan tanda-tanda seperti baligh, berakal, sedar, sudah masuk Islam).
3). Perbedaan Fikih dengan Syari’at
Syari’at adalah teks-teks suci yang bebas dari kesalahan, baik isi maupun keautentikannya, yang darinya bersumber pemahaman ulama yang mendalam yang menghasilkan kesimpulan hukum-hukum amaliah (fikih). Upaya untuk memahami teks-teks suci yang dilakukan oleh para ulama untuk menghasilkan hukum sesuatu inilah yang dikenal sebagai ijtihad. Dengan kata lain, fikih merupakan hasil ijtihad para ulama yang tentu kualitasnya tidak bisa disamakan dengan kesucian dua hal yang menjadi sumbernya, yakni al-Qur’an dan al-Sunnah.
Itulah sekilas gambaran dari RPP Fiqih Kelas 10,11,12 MA Kurikulum 2013 yang dapat Admin tuliskan di artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai RPP tersebut dan lainnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini.
RPP Fiqih Kelas X Kurikulum 2013 (Download)
RPP Fiqih Kelas XI Kurikulum 2013 (Download)
RPP Fiqih Kelas XI Kurikulum 2013 (Download)
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian RPP Fiqih Kelas 10,11,12 MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
bisa dikirim lewat email??
BalasHapus