Kelompok tagihan pengkajian (tagihan no 4), yakni pengkajian 9 aspek meliputi 1). Rencana Kerja Sekolah, 2) Keuangan, 3) Monev, 4). Kurikulum, 5) Pendidik Tenaga Kependidikan, 6) Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran, 7) Peserta didik, 8) Sarana dan prasarana, dan 9) Tenaga Administrasi Sekolah.
Untuk pengkajian, bisa digunakan KONDISI IDEAL-KONDISI NYATA-MASALAH REKOMENDASI sebagai mata pisaunya. Caranya Siapkan 3 kolom, yakni:
- Kolom 1 nomor,
- Kolom 2 kondisi ideal,
- Kolom 3 kondisi nyata,
- Kolom 4 Kesenjanggan,
- Kolom 5 Rekomendasi yang mencakup masukan, saran, komentar, dan alternatif solusi pemecahan yang perlu/bisa dilakukan untuk mengatasi masalah antara kondisi ideal dan kondisi nyata.
Kurikulum sekolah yang baik menurut peraturan yg berlaku itu seperti apa? Tuliskan di kolom 1.
Lalu, pernahkah bpk/ibu mengkritisi kurikulum sekolahnya sendiri, kekurangan kelemahan ketidaklengakapan kualitasnya seperti apa, yang masih kurang apanya? Bagian mananya? Kekurangannya seberapa? Kejelekannya seberapa? Tuliskan di kolom 2.
Setelah itu, dengan melihat bagian bagian yang masih kurang, masih lemah, masih belum lengkap, masih belum baik itu… menurut bpk/ibu mengapa harus segera diatasi, kalau tidak diatasi bagaimana akibatnya, dengan cara bagaimana mengatasinya, langkah langkah untuk mengatasinya bagaimana. Tuliskan di kolom 3.
Setelah selesai melakukan pengkajian 9 aspek di sekolah sendiri, barulah dilakukan pengkajian 9 aspek di sekolah lain. Pengkajian di sekolah lain bisa dilakukan dengan melakukan konfirmasi, komparasi, elaborasi dan atau eksplorasi atas hasil pengkajian 9 aspek di sekolah sendiri dengan di sekolah lain.
Sumber: http://lppks.kemdikbud.go.id
Klik Bagikan sebelum Download
Demikian Pengkajian 9 Aspek Manajerial yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar