Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016 RPP Silabus Prota Promes KKM

Posted by Tentang Pendidikan on 20171010

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016 RPP Silabus Prota Promes KKM Semester 1 dan 2 merupakan file yang sangat penting yang sering di cari dan tentunya harus di miliki oleh seorang Guru agar kegiatan pembelajaran yang di berikan dapat maksimal sesuai dengan program pembelajaran dan administrasi guru di karenakan file tersebut saling terkait sehingga sangat bermanfaat untuk memaksimalkan tugas kita dalam memberikan pembelajaran dan penilaian.
Perangkat dan program pembelajaran ini bisa Bapak dan Ibu gunakan langsung ataupun dapat di jadikan sebagai sebuah contoh RPP Silabus Prota Promes KKM Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam pembuat yang sedang di Anda kerjakan saat ini.

Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Dalam pembuat Perangkat/Program pembelajaran dan Administrasi Guru tentunya membutuhkan waktu yang cukup menyita apalagi jika pembuatannya di laksankan sendiri. Akan tetapi biasanya untuk Perangkat Pembelajaran di buat bersama dengan rekan guru lainnya dalam KKG. Akan tetapi jika belum di laksankan untuk pembuatan secara bersama, sebagai sebuah referensi Bapak dan Ibu dapat mendownload file tersebut yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016 RPP Silabus Prota Promes KKM
Berikut Contoh RPP Kelas 1 Semester 1 Tema Diriku, Subtema Aku dan Teman Baru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     :  _________________________________
Kelas / Semester     :  I (Satu) / 1
Tema 1    :  Diriku
Sub Tema 1    :     Aku dan Teman Baru
Pembelajaran    :  1
Alokasi Waktu    :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4.     Mengenal teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.4.     Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


Indikator :
Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
Menyebutkan nama temannya


PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2.     Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.     Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

Indikator :
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah


PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3     Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3     Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator :
Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
Melakukan gerakan melempar bola
Melakukan gerakan menangkap bola

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1.     Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1.     Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

Indikator :
Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
Memberi hiasan pada kartu nama

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Teman Baru
Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.

Menghias Kartu Nama
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.


E.    MATERI PEMBELAJARAN
Perkenalan diri
Peraturan permainan
Permainan memperkenalkan diri
Gerakan melempar dan menangkap
Menghias gambar kartu nama
Lirik lagu “Siapa Namamu”


F.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    :     Saintifik
Metode    :    Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pendahuluan  
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti  
Teman Baru
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa. (Mengasosiasi)
Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1-3. (Mengamati)
Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 3. (Mengekplorasi)

Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat). (Mengekplorasi)

Permainan dimulai dari guru dengan memperke-nalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak... nama panjang.... biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras) (Mengekplorasi)

Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil an. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. (Mengekplorasi)

Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

Lirik lagu “Siapa Namamu”

Ciptaan A.T. Mahmud

1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./

Sia pa kah na ma mu

5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //

Na ma ku .............

(sebutkan nama anak)


Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya. (Mengkomunikasikan)

Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Mengasosiasi)

Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama. (Mengkomunikasikan)

Menghias Kartu Nama
Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
Guru membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
Guru membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk menulis.

Lalu, Siswa diminta menuliskan namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing.

Setelah itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas.

Penutup  
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

Melakukan penilaian hasil belajar

Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

KKM Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download KKM Kelas 1 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2016 

Prota dan Promes Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download Program Tahunan dan Program semester kurikulum 2013 revisi 2016

KI dan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download KI (Kompetensi Inti) dan (Kompetensi Dasar) KD semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi

Silabus Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download silabus K13 semester 1 dan 2 revisi 2016

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download RPP SD Kelas 1 semester 1 Tema Diriku
Download RPP SD Kelas 1 semester 1 Tema Kegemaranku
Download RPP SD Kelas 1 semester 1 Tema Kegiatanku
Download RPP SD Kelas 1 semester 1 Tema Keluargaku
Download RPP SD Kelas 1 semester 2 Tema Pengalamanku
Download RPP SD Kelas 1 semester 2 Tema Lingkungan Bersih dan Sehat
Download RPP SD Kelas 1 semester 2 Tema Lingkungan Bersih dan Sehat 2
Download RPP SD Kelas 1 semester 2 Tema Benda , Hewan dan Tanaman
Download RPP SD Kelas 1 semester 2 Tema Peristiwa Alam 

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 1

  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 1- Tema Diriku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 1- Tema Kegemaranku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 1- Tema Kegiatanku [Download File]  
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 1- Tema Keluargaku [Download File

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 2

  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 2- Tema Pengalamanku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 2- Tema Lingkungan Bersih Sehat dan Asri  [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 2- Tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 1 Semester 2- Peristiwa Alam  [Download File]

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016 RPP Silabus Prota Promes KKM yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.

Related Posts

Oktober 10, 2017

0 komentar:

Posting Komentar