RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Semester 1 dan 2

Posted by Tentang Pendidikan on 20171011

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Semester 1 dan 2 yang Tentang Pendidikan bagikan ini sudah memasukan unsur PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang mana menjadi sebuah pembeda dari RPP Revisi sebelumnya 2015/2016. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran haruslah setiap Guru buat setiap hari sesuai dengan Mata Pelajaran  yang akan di laksanakan.
Dengan Bapak dan Ibu membuat RPP kegiatan pembelajaran akan lebih tersusun sistematis sehingga pelaksanan pembelajaran dapat di laksanakan dengan baik dan benar.

Di kesempatan artikel ini Admin akan membagikan contoh RPP Kelas 4 (IV) K13 yang benar sesuai dengan Revisi 2017 yang harus memasukan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas. Literasi dan menginsert literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran. dan Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6)

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD MI Semester 1 dan 2

Contoh RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI

Berikut RPP Kelas IV Semester 1 Tema Indahnya kebersamaan Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan :_____________________________
Kelas / Semester:IV (Empat) / 1
Tema 1:Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1:Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran:1
Alokasi Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

Baca Juga RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
Baca Juga RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017 Kelas 1 Semester 1 dan 2

Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator :
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai



C.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.MATERI PEMBELAJARAN
Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
Teks “Mengenal Suku Minang”.
Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

E.METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
  • Pendahuluan
  • Inti
  • Penutup
G.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Peta budaya (ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.

H.PENILAIAN

Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin sampaikan mengenai RPP Kelas IV Kurtilas Revisi 2017. Lebih lengkap mengenai RPP tersebut dan RPP lainnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan berikut ini.

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 1

  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 1- Tema Indahnya Kebersamaan [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 1- Tema
    Selalu Berhemat Energi [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 1- Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup [Download File]  
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 1- Tema Ringan Berbagai Pekerjaan  [Download File]

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2

  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2- Tema Pahlawanku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2- Tema
    Indahnya Negeriku [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2- Tema Peduli Cita-Citaku [Download File]  
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2- Tema Ringan Tempat Tinggalku  [Download File
  • Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Kelas 4 Semester 2- Tema Ringan Makanan Sehat dan Bergizi  [Download File]

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI Semester 1 dan 2 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.

Related Posts

Oktober 11, 2017

0 komentar:

Posting Komentar